The Use of Video Media Against Adolescent Knowledge Level of Breast Self Examination (BSE)

Yunita Anggriani(1*), Sri Rahayu(2), Sukarni Sukarni(3)
(1) Universitas Aisyah Pringsewu
(2) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP)
(3) Universitas Aisyah Pringsewu (UAP)
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30604/jika.v7iS1.1198

Abstract

Breast cancer is one of the diseases that contribute to the highest mortality rate in Indonesia. The low knowledge of young women about BSE examinations is one thing that affects the high cases of breast cancer. Counseling using video media can be an alternative to increase the knowledge of adolescents about BSE examinations. The purpose of the study was to know the effect of counseling using video media on the level of knowledge related to BSE examinations in adolescent girls at SMK HMPTI Tulang Bawang. This type of quantitative research with a quasi-experimental design uses a one-group pretest-posttest approach. The population is all students of class X SMK HMPTI Tulang Bawang, the sample used is 28 students with a sampling technique using purposive sampling. The analysis used is the paired t-test. The results of the analysis obtained knowledge of students before counseling BSE 9.04, after being given counseling 11.14. Then obtained a p-value of 0.001 which means that there is an effect of health education on BSE on increasing students' knowledge. It is hoped that the results of the study can be used as information material to increase knowledge so that young women can carry out BSE examinations correctly.

 

Abstrak: Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang menyumbang angka kematian terbanyak di Indonesia. Rendahnya pengetahuan remaja putri mengenai pemeriksaan SADARI menjadi satu hal yang mempengaruhi tingginya kasus kanker payudara. Penyuluhan menggunakan media video dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan pengetahuan remaja putri mengenai pemeriksaan SADARI. Tujuan penelitian diketahui pengaruh penyuluhan menggunakan media video terhadap tingkat  pengetahuanterkait pemeriksaan SADARI pada remaja putri di SMK HMPTI Tulang Bawang. Jenis penelitian kuantitatif dengan design quasi eksperimen menggunakan pendekatan one group pretest postest. Populasinya adalah seluruh siswi kelas X SMK HMPTI Tulang Bawang, sampel yang digunakan 28 siswi dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah uji paired t-test. Hasil analisis didapatkan pengetahuan siswi sebelum penyuluhan SADARI 9.04,sesudah diberikan penyuluhan 11.14. Kemudian didapatkan p-value 0,001 yang berarti adanya pengaruh penyuluhan kesehatan tentang SADARI terhadap peningkatan pengetahuan siswi.Diharapkan hasil penelitian dapat digunakan sebagai bahan informasi untuk menambah pengetahuan sehingga remaja putri dapat melakukan pemeriksaan SADARI dengan benar.

Keywords


Brast Cancer; Video; Breast Self Examination

References


Abdullah, N., Jon Tangka, & Juli a Rottie. (2013). Hubungan Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dengan Cara Periksa Payudara Sendiri Pada Mahasiswi Semester IV Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. 1(1).

Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162. https://doi.org/10.33366/cr.v6i2.929

Al-Naggar, R. A., Al-Naggar, D. H., Bobryshev, Y. V., Chen, R., & Assabri, A. (2011). Practice and Barriers Toward Breast Self-Examination Among Young Malaysian Women. 12, 6.

Azwar S. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2014). Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Lampung.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2015). Profil Kesehatan Provinsi Lampung. Bandar Lampung.

Erbil, N., & Bolukbas, N. (2012). Beliefs, Attitudes, and Behavior of Turkish Women about Breast Cancer and Breast Self-Examination According to a Turkish Version of the Champion Health Belief Model Scale. Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, 13(11), 5823–5828. https://doi.org/10.7314/APJCP.2012.13.11.5823

Handayani, S., & Sudarmiati, S. (2012). Pengetahuan Remaja Putri tentang Cara Melakukan Sadari. Jurnal Nursing Studies, 1(1), 93–100.

Hidayati, A., & Salawat, T. (2012). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Ceramah Dan Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dan Ketrampilan Praktik Sadari (Studi pada Siswi SMA Futuhiyyah Mranggen Kabupaten Demak). 3(1), 8.

Kartikawati & Erni. (2012). Awas Bahaya Kanker Payudara dan Kanker Serviks. Bandung: Buku Baru.

Kemenkes RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Kemenkes RI. (2019). Profil kesehatan Indonesia. Jakarta.

Khairunnissa, A., Sri Wahyuningsih, & Nasihin Saud Irsyad. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri Pada Mahasiswa Fakultas kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta Tahun 2017. Jurnal Profesi Medika, 11(2).

Lestari, D. P., Prabamurti, P. N., & Husodo, B. T. (2016). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Santri Putri Pondok Pesantren Dawar Kabupaten Boyolali. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4, 8.

Notoatmodjo. (2012). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Purba, A. (2018). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Tentang SADARI Dengan Tindakan WUS Melakukan Pemeriksaan SADARI Di Puskesmas Sunggal Tahun 2018. Jurnal Maternal dan Neonatal, 3(1), 12.

Rizani, K., Ilmi, B., & Sari, T. K. (2015). Hubungan Pengetahuan Dan Niat Mahasiswi Dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Di Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Tahun 2014. 6(1), 11.

Suastina, I. D. A. R., S.H.R Ticoalu, & Franly Onibala. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswi Tentang SADARI Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara Di SMA Negeri Manado. 1(1).

Wahyuni, D., Edison, E., & Harahap, W. A. (2015). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap terhadap Pelaksanaan SADARI pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Jati. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1). https://doi.org/10.25077/jka.v4i1.205

Wijayanti, N., Triyanta, T., & Ani, N. (2020). Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Sadari Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Pada Remaja Putri Di Smk Muhammadiyah Cawas Klaten. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat Berkala, 2(1), 49. https://doi.org/10.32585/jikemb.v2i1.816


Article Statistic

Abstract view : 227 times
Fulltext (Bahasa Indonesia) views : 120 times

Dimensions Metrics

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.